Rabu, 28 Maret 2012

windows



            


Windows


          Siapa yang tidak kenal perusahaan milik Bill Gates ini. Sebagian besar pengguna computer pasti menggunakan salah satu produknya. Dan salah satu produk yang paling banyak digunakan adalah system operasi yang bernama Microsoft Windows.

Microsoft memulakan penyelidikan tentang interface Manager (yang kemudian dinamakan MS Windows) pada September 1981. Walaupun prototype pertama yang digunakan adalah menu “Multiplan” dan Word-like yang terletak di bagian bawah paparan layar, kemudian antarmuka ini telah diubah pada tahun 1982 dengan menggunakan menu “pull-down” dan dialogs sebagaimana yang digunakan pada Xerox Star.

Microsoft akhirnya mengumumkan nama WINDOWS pada November 1983 bersama dengan pelancaran vision (OS yang dikeluarkan oleh VisiCorp) dan TopView. Vision dan TopView adalah pesaing awal Windows.

Windows menjanjikan antarmuka grafik mudah guna (easy-to-use graphical interface). Device independent graphics dan penggunaan “multitasking”. Pelancarannya telah ditunda beberapa kali sehinggalah November 1985, Windows 1.0 dilancarkan. Dengan pelbagai perisian yang disediakan, namun pada mulanya penjualan OS ini agak lembab.

·        Windows 1.0
November 1985
Sejarah Windows diawali saat Microsoft memulai perkembangan Interface Manager, yang kemudian hari berubah menjadi Microsoft Windows pada September 1981.

Pada prototype pertama,  interface Windows menggunakan menu yang ada di bawah layar.  Tapi kemudian interface itu berubah menjadi menu pulldown dan kotak dialog seperti yang digunakan pada Xerox Star. Hal ini terjadi di tahun 1982. Microsoft mengumumkan Windows di bulan November 1983. Sebelumnya telah ada system operasi lain yang sudah dirilis terlebih dahulu, seperti VisiOn, TopView dan AppleLisa. Dan setelahnya ada GEM, DESQ, Amiga Workbench,GEOS/Geo works Ensemble, IBM OS/2, NeXTstep dan DeskMate . Didalam promosinya, Windows menjanjikan suatu interface grafis yang mudah digunakan dan dengan dukungan multitasking. Terjadi beberapa kali penundaan dalam proses pengembangannya, dan pada akhirnya Windows 1.0 sudah resmi beredar pada November 1985.

Yang didalamnya terdapat :
MS-DOS Executive, Calender, Cardfile, Notepad, Terminal, Calculator, Clock, Reversi, Control panel, PIF (Program Information File)Editor, Print, Clipboard, RAMDrive, WindowsWrite, WindowsPaint.

·        Windows 2.0/286
1987
Peluncuran Windows 2.0 dilaksanakan pada November 1987 dengan menyediakan peningkatan yang signifikan.  Berbagai tambahan penggunaan icon dan window yang bias muncul secara bersamaan, menjadikan Windows sebagai lingkungan yang cocok untuk pengembangan beberapa aplikasi penting. Contohnya Excel for Windows, Word for Windows, Corel Draw, Ami, PageMaker dan Micrografx Designer. Penjualan juga meningkat karena adanya versi Single Application Environment yang disuplai oleh vendor independent. Selain itu Windows juga mendapat perhatian yang lebih saat Aldus PageMaker muncul dalam versi Windows, karena sebelumnya hanya ada di Machintosh.

·        Windows/386
akhir 1987
Kebolehan yang sama pada Windows/386 tapi ditingkatkan sedikit dari segi keupayaan menjalankan beberapa aplikasi DOS dalam 1 masa.



·        Windows 3.0
Mei 1990
Membawa perubahan yang baru terhadap dunia komputer. Terjual lebih dari 1juta salinan. Dengan keupayaan  640 KB memory dan antaramurka yang lebih menarik minat ramai pengusaha/pegeluar perisian untuk pembangunan aplikasi bagi platform. Sebuah versi limited edition yaitu Windows 3.0 with Multimedia Extensions 1.0, dirilis beberapa bulan kemudian. Versi ini dikemas dengan multimedia kit pertama yang berisi sound card dan CD-ROM.

·        Windows 3.1
Agustus 1992
Sedikit peningkatan dalam persekitaran windows. Terjual 3juta salinan dalam masa 2 bulan termasuk versi peningkatan (upgrade version). Merespon peluncuran OS/2 milik IBM, Microsoft mengembangkan Windows 3.1 yang berisi perbaikan dari versi 3.0 seperti True Type Font. Tapi perbaikan utama adalah dukungan untuk multimedia.

·        Windows 3.11
Tiada ciri-ciri baru. Tetapi dipertingkatkan untuk memperbetulkan kebanyakan adalah berkaitan dengan jaringan (networking). Boleh di download free dari Microsoft. Dan versi ini ditunjukan untuk menggantikan 3.1 pada level retail dan OEM.




·        Windows for Workgroups 3.1
Oktober 1992
Penyatuan semua ciri - ciri Windows terdahulu dan system rangkaian. Menyediakan “peer-to-peer file and printer sharing”. Memberikan kesenangan pada pengguna untuk menyediakan satu rangakaian atau workgroup. Sistem perkogsian file diperkenankan untuk memudahkan file yang dicapai oleh orang lain dari platform sama ataupun DOS. Dan juga memasukan aplikasi baru “Microsoft mail and Schedule

·        Windows for Workgroups 3.11
November 1993

·        Windows NT 3.1
1 Maret 1994
Platform untuk system yang tinggi “High End System”. Untuk kegunaan Pelayan Rangkaian. Antaramuka adalah sama dengan Windows 3.11, tetapi menggunakan OS yang baru. Sudah menyediakan OLE 2.0.


·        Windows NT 3.5
12 April 1994
Menyediakan OLE 2.0 Kemampuan ditingkatkan dan mengurangkan penggunaan memory. Dilancarkan pada September 1994. Windows NT 3.5 Workstation menggantikan Windows NT 3.1 dan Windows NT 3.5 Server menggantikan Windows NT 3.1 Advanced Server.


·        Windows NT 4.0
15 Maret 1994
Project pertama Microsoft untuk “object-oriented Windows”.

·        Windows 95
Agustus 1995
Menggunakan sistem 32 bit dan membolehkan “multitasking”. Mengambil alih system dari Dos terbaik saja system beroperasi dan antaramuka yang terbaik dari sebelumnya.

·        Windows CE
Berasaskan Windows95 dan Windows NT. Siapapun yang sudah biasa dengan Windows95 tidak ada masalah menggunakannya.

·        Windows CE 1.0
November 1996
Tahun kemudiannya 500000 komputer telapak terjual menggunakan Windows CE.

·        Windows CE 2.0
Awal 1998

·        Windows CE 3.0
15Juni 2000
Adalah generasi dan dunia baru bagi pengguna internet ciri – ciri Active desktop membolehkan kita mencapai internet terus dari desktop. Internet explorer 4.0 adalah browser baru yang menyokong HTML 4.0 sokongan ACPI pada OnNow adalah untuk pengelolaan listrik dan pengurusan kuasa yang lebih baik. Dilengkapi  peralatan untuk menukarkan FAT16 kepada FAT32. Ciri “Multiple Display Support” membolehkan pengguna menggunakan sehingga 8 monitor. Menyokong perkakasan baru dan juga teknologi baru sperti DVD, Fireware, USB, dan AGP. Win32 driver model membolehkan pengguna menggunakan driver yang sama dengan windows NT5.

·        Windows NT5
November 1998
Mengandungi banyak feature baru. Sama seperti Windows 98, NT 5 didatangkan bersama IE 4.0. Windows NT 5 merupakan cikal bakal dari Windows 2000.

·        Windows 2000
17 Februari 2000
Menjadi platform yang terbaik dalam keluarga Windows yang menyediakan penikmat Internet, Intranet, Extranet dan pengurusan aplikasi menggunakan Active Directory. Pengguna boleh menyediakan VPN (Virtual Private Network) sendiri yang selamat menggunakan sambungan internet dan pilihan protokol sendiri. Boleh menginstal aplikasi kepada komputer pengguna didalam LAN menggunakan Windows Installer.

·        Windows ME
14 September 2000
Singkatan dari perkataan Millenium Edition. Adlah untuk pengguna dirumah. Ditambah dengan biaya fungsi multimedia. Seperti movie maker. Windows ME pada asasnya adalah peningkatan dari OS terdahulu yang mana menggunakan DOS – base OS.

·        Windows XP
25 Oktober 2001
Adalah satu OS yang baru untuk mengguna. Lari dari bayangan OS terdahulu Windows. Menggunakan 32-bit kernel yang menjadi asa Windows NT dan Windows 2000. Mengandung  banyak ciri baru yang tak terdapat pada OS terdahulu. Namun masih menjalankan perisian lama dari versi terdahulu. Versi ini memiliki tampilan yang sangat memukau, sangat halus dan elegan ditunjukkan kepada pengguna yang tidak hanya memikirkan fungsi tetapi juga keindahan. Fasilitas yang dimiliki tidak jauh berbeda dari versi-versi sebelumnya, kelebihannya adalah dalam hal keamanan. Setiap copy dilengkapi dengan kode aktivasi yang berlaku selama 30 hari sesudah itu pengguna harus mendaftarkan OS-nya kepada Microsoft. Bila hal tersebut tidak dilakukan maka, Windows akan menolak pengguna untuk login kedalam komputernya.










Tidak ada komentar:

Poskan Komentar